You are here
Home > Akademik > Pelaksanaan MATSAMA Daring Tahun Pelajaran 2020/2021

Pelaksanaan MATSAMA Daring Tahun Pelajaran 2020/2021

mtsn batu

Pengantar

Tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Sebagaimana biasa, awal tahun ajaran di MTsN Batu ditandai dengan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi siswa baru. Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) adalah masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada siswa baru. Melalui Matsama, diharapkan para siswa baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah, khususnya di MTsN Batu. Sehingga keberadaan dari kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) ini akan turut menentukan berhasil atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di madrasah pada masa selanjutnya.

Kegiatan MATSAMA ini tidak lepas dari motto Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Dirjend Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu mencetak generasi Hebat dan Bermartabat yang artinya generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter ke-Indonesia-an. Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, menerbitkan Panduan Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun 2020. Panduan ini menjadi sedikit berbeda, karena Matsama atau masa orientasi dan pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa baru ini akan berlangsung dalam masa pandemi Covid-19.

Untuk mempelajari dan memahami lebih lanjut terkait pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah, silakan unduh Surat Edaran Ditjen Pendidikan Islam Kemenag Nomor B.1072/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2020 perihal Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun 2020. Surat telah dilengkapi dengan Panduan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Pelajaran 2020/2021. Juga lampiran tentang Konten Materi Matsama 2020/2021 dan Desain Acara Matsama Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mengunduh dokumen tersebut, silakan unduh disini.

Pelaksanaan

Mengingat pandemik COVID-19 yang masih mengancam kehidupan bangsa dan negara, pembelajaran tatap muka di madrasah belum ditetapkan oleh pemerintah. Jika dilarang membuka madrasah dan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, kemudian bagaimana Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun 2020 di MTsn Batu akan dilaksanakan?

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MTsN Batu dilaksanakan pada tanggal 13 – 15 Juli 2020. Pelaksanakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTsN Batu dilaksanakan secara daring dengan menggunakan beberapa aplikasi diantaranya whatsapp, instagram, dan youtube. Whatsapp digunakan untuk membagi siswa baru menjadi 10 kelompok besar dan sebagai sarana penyebaran informasi tertulis terkait pelaksanaan MATSAMA MTsN Batu. Instagram digunakan untuk pengiliman dan penguploadan tugas bagi siswa baru MTsN Batu. Youtube digunakan sebagai sarana pengenalan materi-materi MATSAMA MTsN Batu berupa video serta dipergunakan untuk pengadaan live streaming pembukaan dan penutupan MATSAMA MTsN Batu tahun pelajaran 2020/2021.

Materi MATSAMA

Materi MATSAMA MTsN Batu mengacu pada Surat Edaran Ditjen Pendidikan Islam Kemenag Nomor B.1072/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2020 yang harus memuat tentang kemadrasahan dan karakter moderasi beragama dan kebangsaan. Kegiatan pertama pada tanggal 13 Juli 2020 adalah pembukaan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) Tahun Pelajaran 2020/2021 se-Jawa Timur Secara Daring oleh Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur. Berikut ini merupakan link video pembukaan MATSAMA se-Jawa Timur:

Setelah siswa menyaksikan pembukaan MATSAMA Tahun Pelajaran 2020/2021 se-Jawa Timur secara daring oleh Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, kegiatan selanjutnya adalah menyaksikan video pembukaan MATSAMA MTsN Batu oleh Ibu Dra. Dewi Khoriyah selaku Plt Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Berikut ini merupakan link video pembukaan MATSAMA MTsN Batu:

Kegiatan selanjutnya adalah materi kemadrasahan. Materi kemadrasahan memuat segala hal yang berkaitan dengan Madrasah. Tujuannya adalah agar siswa baru lebih mengenal karakteristik dan system yang ada pada madrasah tersebut. Berikut ini merupakan materi kemadrasahan pada MATSAMA MTsN Batu Tahun Pelajaran 2020/2021:

  1. Sejarah MTsN Batu: klik disini
  2. Profil MTsN Batu: klik disini
  3. Profil Civitas Akademik dan Non-Akademik MTsN BATU 2020/2021: klik disini
  4. Bimbingan Konseling (BK) MTsN Batu: klik disini
  5. Tata Tertib (Tatib) MTsN Batu: klik disni
  6. Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler MTsN Batu: klik disni
  7. MTsN Batu sebagai Madrasah Riset: klik disini
  8. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTsN Batu: klik disini
  9. Materi MATSAMA – Doa Sebelum Pembelajaran: klik disini
  10. Materi MATSAMA – Doa Setelah Pembelajaran: klik disini

Pada hari kedua MATSAMA, tanggal 14 Juli 2020 merupakan materi karakter moderasi beragama dan kebangsaan. Namun fokus pada hari kedua adalah karakter kebangsaan. Siswa diberikan materi terkait karakter kebangsaan melalui video di chanel youtube MTsN Batu. Berikut ini merupakan materi karakter kebangsaan pada MATSAMA MTsN Batu Tahun Pelajaran 2020/2021:

  1. Materi MATSAMA 2020 – Kesetaraan Gender Bagian I: klik disini
  2. Materi MATSAMA 2020 – Kesetaraan Gender Bagian II: klik disini

Setelah materi video selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penugasan dan pembuatan video menyanyikan lagu Indonesia Raya, video menyanyikan lagu daerah, dan video hafalan pancasila yang harus diupload di Instagram siswa baru masing-masing.

Pada hari ketiga MATSAMA, tanggal 15 Juli 2020 merupakan materi karakter moderasi beragama dan kebangsaan. Namun fokus pada hari ketiga adalah karakter moderasi beragama. Siswa diberikan materi terkait moderasi beragama melalui video di chanel youtube MTsN Batu. Berikut ini merupakan materi karakter kebangsaan pada MATSAMA MTsN Batu Tahun Pelajaran 2020/2021:

  1. Materi MATSAMA 2020 – Moderasi Beragama: klik disini

Setelah materi video selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penugasan dan pembuatan video hafalan niat wudhu serta penulisan ayat suci Al-Quran yang harus diupload di Instagram siswa baru masing-masing. Selanjutnya merupakan kegiatan terakhir yaitu penutupan MATSAMA oleh Ibu Siti Nurintan Agustina, S.Pd selaku perwakilan panitia MATSAMA MTsN Batu pada pukul 11.15 WIB. Berikut ini merupakan link video penutupan  MATSAMA MTsN Batu:

Demikianlah tadi beberapa ulasan singkat mengenai kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MTsN Batu tahun pelajaran 2020/2021. Semoga dengan adanya kegiatan MATSAMA ini, siswa baru MTsN Batu dapat lebih semangat dalam menjalani pembelajaran serta menjadi generasi unggul yang hebat bermartabat, Aamiin.

Penulis: Ika Emirulliah Hidayati, S.Pd

Similar Articles

Tinggalkan Balasan

Top