BERKARAKTER DENGAN MATSAMA

By humas 14 Jul 2021, 05:44:14 WIB akademik
BERKARAKTER DENGAN MATSAMA

Alhamdulillah, meskipun kondisi pandemic di Indonesia belum juga mereda, bahkan sebaliknya cenderung makin meningkat, tetapi semangat untuk memberikan pendidikan bagi putra putri bangsa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu tidak menjadi kendor. Hal ini terbukti dari tetap dilakukannya beberapa kegiatan untuk mengawali tahun ajaran baru 2021/2022.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Matsama memang menjadi kegiatan rutin di madrasah yang diselenggarakan setiap  awal tahun guna memberikan orientasi atau pengenalan kepada peserta didik baru tentang lingkungan madrasah. Dengan orientasi di awal tahun, diharapkan dapat memberikan andil dalam menentukan keberhasilan peserta didik selama melakukan proses pendidikan di madrasah.

Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu, untuk  tahun ini kegiatan MATSAMA dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu dari mulai Senin, 12 Juli 2021 sampai dengan Rabu, 14 Juli 2021. Sesuai Petunjuk Teknis dari Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, kegiatan MATSAMA dilakukan secara virtual/daring. Meskipun dilaksanakan secara virtual, diharapkan tidak mengurangi esensi dari tujuan kegiatan mastama itu sendiri yaitu:

a. Mengenalkan lingkungan baru agar dapat beradaptasi dengan lingkungan madrasah  tempat mereka mencari ilmu sekaligus menjaga ketertiban dan keamanannya

b.  Mengenalkan cara belajar di tingkat Madrasah

c.  Membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab

d.  Mendorong siswa untuk mengenali para guru dan karyawan

e.  Memotivasi siswa agar merasa bangga terhadap sekolah yang dipilihnya

f.  Menyadari akan menjaga nama baik dan memberikan kontribusi yang positif terhadap madrasah

 

Kegiatan MATSAMA MTsN Batu dibuka oleh Kepala Madrasah Bapak Buasim, S.Pd.,M.Pd. Dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta didik baru, Bapak Buasim, S.Pd. M.Pd., juga menyampaikan bahwa madrasah sebenarnya sudah melakukan persiapan untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), tetapi karena diberlakukannya PPKM maka Pembelajaran Tatap Muka Terbatas belum bisa dilaksanakan di awal tahun pelajaran 2021/2022. Dengan kondisi seperti ini, diharapkan kepada seluruh peserta didik untuk memanfaatkan fasilitas belajar melalui e-learning, sehingga perolehan prestasi-prestasi di MTsN Batu bisa terus ditingkatkan. Pada akhir sambutannya Kepala Madrasah berpesan agar  peserta didik tetap menjaga protokoler kesehatan selama belajar di rumah dan tetap semangat meskipun di tengah situasi pandemic.

Meskipun MATSAMA dilakukan secara online tetapi tidak mengurangi antusias dari peserta didik. Hal ini terbukti dari tugas-tugas yang diberikan panitia dapat terselesaikan dengan maksimal. Ini tentu saja tidak lepas dari upaya panitia dalam mengemas materi MATSAMA sehingga tidak hanya memberikan edukasi, tapi juga mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para peserta didik baru.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan MATSAMA tahun ini adalah sebagai berikut:

· Sejarah Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu

· Profil Madrasah

· Civitas Akademika  Bimbingan Konseling

· Tata Tertib

· Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

· Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurukuler

· Madrasah Riset

· Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

· Moderasi beragama

· Kesetaraan Gender

· Anti Diskriminasi

Selain materi-materi di atas, untuk lebih menanamkan karakter positif kepada peserta didik ada materi tambahan yaitu “ADAB TERHADAP ORANG TUA DAN GURU” dan “STOP BULLYING”. Penanaman nilai-nilai kebangsaan juga dilakukan melalui cara memberikan tugas kepada peserta didik dengan konten kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan pemberian materi-materi di atas, diharapkan akan mendukung visi dan misi Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter keIndonesia-an.

Kegiatan MATSAMA ditutup pada hari Rabu, 14 Juli 2021 jam 09.30 Wib. Penutupan MATSAMA dilakukan oleh Kepala Madrasah dengan penyampaian pesan kepada  peserta didik baru agar belajar dengan maksimal, sehingga bisa menjadi generasi yang kuat dan membanggakan orang tua. 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Follow US

    Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Kepala Madrasah

Kepala Madrasah
BUASIM, S.Pd., M.Pd.
Baca Sambutan