MENDIDIK DENGAN AINUR RAHMAH

By humas 31 Mar 2023, 08:06:06 WIB umum
MENDIDIK DENGAN AINUR RAHMAH

MENDIDIK DENGAN AINUR RAHMAH

Oleh : SISKA ALWIANA, M.Pd.I.

 

Mendidik dengan penuh kasih sayang, peduli dan empati, begitulah kiranya yang perlu dilakukan oleh seorang guru dalam mendidik semua siswanya di dalam kelas maupun di luar kelas. Menganggap mereka seperti anak-anak sendiri, mendoakan mereka dengan sepenuh hati dan senantiasa memotivasi mereka untuk mencapai kesuksesan, itulah di antara bentuk mendidik dengan ainur rahmah.

 

Ketika seorang guru mendidik siswanya dengan dilandasi sifat kasih sayang, maka ia akan bersikap lebih terbuka terhadap perbedaan yang mereka miliki, baik perbedaan dalam kecerdasan, kepribadian maupun latar belakang budaya. Guru yang senantiasa memandang siswa dengan kasih sayang cenderung melihat potensi atau kelebihan daripada kelemahan mereka, sehingga guru tidak menilai siswa berdasarkan nilai akademik namun melihat mereka sebagai individu yang unik yang terlahir dengan segala kelebihan dan kekurangannya.  

 

Mendidik dengan kasih sayang dapat diwujudkan dengan kesabaran dalam menghadapi siswa yang berasal dari berbagai lingkungan dan latar belakang keluarga yang berbeda. Seorang guru terkadang tidak dapat mengontrol emosinya ketika dihadapkan pada siswa yang tidak memperhatikan pelajaran di kelas seperti berbicara, bergurau, mengganggu teman, tidak mengerjakan tugas, atau bahkan tidur saat pelajaran berlangsung. Berbagai upaya tentunya telah dilakukan dalam bentuk mengingatkan, atau menasehati siswa yang bersangkutan. Dengan demikian, guru dituntut untuk dapat menghadapi siswa dengan kepala dingin dan sikap lemah lembut.       

 

Dengan pendekatan ainur rahmah, guru akan memiliki kepedulian dan empati terhadap siswa, hal ini dapat ditunjukkan melalui perhatian terhadap kondisi dan kebutuhan siswa dalam lingkungan belajar. Mengenal siswa secara individu termasuk minat dan bakat mereka dapat membantu mengembangkan potensi yang mereka miliki karena setiap siswa akan mendapatkan pelayanan secara tepat. Memberikan dukungan moral saat mereka mengalami masalah di sekolah atau lingkungan keluarga akan membuat mereka lebih tangguh dan percaya diri dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan. Membangun komunikasi yang baik dengan siswa juga merupakan bentuk kepedulian guru terhadap siswa.  

 

Berikut ini beberapa manfaat mendidik dengan ainur rahmah:

  1. Menciptakan hubungan yang baik, antara guru dan siswa

Seorang guru harus memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi seperti berbicara dengan bahasa yang mudah dipahami dan bertutur kata dengan santun agar siswa merasa dihargai sehingga mereka bisa bersikap lebih terbuka dan berani dalam mengungkapkan perasaan, ide dan pendapat mereka tanpa rasa takut salah atau merasa ditertawakan.   

  1. Meningkatkan semangat belajar dan prestasi siswa

Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan bakat dan minat masing-masing. Oleh karena itu, guru harus memahami hal ini dengan baik agar ia tidak membedakan antara siswa yang pintar dan yang tidak pintar dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Saat siswa merasa diperhatikan dan dihargai terutama siswa yang memiliki kemampuan rendah, maka ia akan lebih bersemangat untuk belajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.

  1. Memberikan keteladanan kepada siswa

Salah satu tujuan Pendidikan Agama Islam adalah mencetak generasi yang berakhlakul karimah. Tujuan tersebut dapat diwujudkan melalui metode keteladanan dengan memberikan contoh yang baik kepada siswa dalam bertutur kata maupun berperilaku dalam pergaulan sehari-hari di sekolah. Guru adalah sosok yang “digugu dan ditiru” sehingga setiap gerak geriknya akan diikuti oleh siswa sebagaimana ungkapan yang berbunyi “guru kencing berdiri, murid kencing berlari.”

Implementasi pendekatan ainur rahmah dalam mendidik siswa di sekolah diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kreativitas, motivasi belajar, dan membantu siswa untuk menjadi individu yang hebat bermartabat.    

 

 

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Follow US

    Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Kepala Madrasah

Kepala Madrasah
BUASIM, S.Pd., M.Pd.
Baca Sambutan