PERINGATAN IDUL ADHA MTS NEGERI BATU DI TENGAH PANDEMI COVID 19

By Hadisan 12 Agu 2020, 00:09:47 WIB akademik
PERINGATAN IDUL ADHA MTS NEGERI BATU DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Gambar : manasik haji MTs Negeri Batu 2020


Idul Adha di sebut juga hari raya haji karena pada tanggal 10 Dzulhijah kaum muslimin di dunia melaksanakan ibadah haji yang utama yaitu wukuf di Arofah, dengan memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit atau pakaian ihram. Maknanya ada persamaan aqidah dan pandangan hidup dari semua yang melaksanakan wukuf, semua manusia sederajat, bertujuan mendekatkan diri kepada Allah sambil membaca kalimat talbiyah.

Idul Qurban juga salah satu sebutan Idul Adha. Bagi umat Islam yang belum mampu mengerjakaan ibadah haji, maka di beri kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan cara menyembelih hewan Qurban sebagai wujud kecintaan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Tahun sebelumnya peringatan idul Adha MTs Negeri Batu melaksanakan penyembelihan hewan qurban dan pelaksanaan manasik haji. Hewan qurban diperoleh dari dewan guru dan pegawai, wali siswa dan siswa yang menyerahkan sapi atau kambing untuk di sembelih di MTs Negeri Batu dan di bagikan pada masyarakat sekitar MTs Negeri Batu. Manasik haji diikuti oleh seluruh guru, pegawai dan siswa MTs Negeri Batu.

Masa pandemi covid 19 saat ini, karena madrasah belum boleh menghadirkan siswa untuk kegiatan tatap muka maka kegiatan manasik haji dilaksanakan secara virtual melalui Youtube Chanel MTs Negeri Batu. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin, 3 Agustus 2020 pukul 09.00. Seluruh  siswa kelas 7, 8 dan 9 diharapkan dapat menyimak, mengikuti kegiatan tersebut dan membuat laporannya secara tertulis. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menanamkan sikap relegius, mengenalkan pelaksanaan rukun Islam yang kelima yaitu menjalankan ibadah haji. Manasik haji merupakan peragaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Siswa dapat belajar bagaimana cara melaksanakan tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumroh, tahallul dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang di buat mirip seperti di tanah suci. Walaupun di laksanakan secara virtual kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap perilaku siswa saat ini dan masa masa berikutnya.

MTS NEGERI KOTA BATU
manasik haji MTs Negeri Batu 2020

Humas Masaneba 2020




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Follow US

    Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Kepala Madrasah

Kepala Madrasah
BUASIM, S.Pd., M.Pd.
Baca Sambutan