Workshop Pembuatan Video Pembelajaran dan Penyusunan RPP 1 lembar

By siti anisah 02 Sep 2020, 19:55:28 WIB akademik
Workshop Pembuatan Video Pembelajaran dan Penyusunan RPP 1 lembar

Mts Negeri Batu mengadakan workshop pembuatan video pembelajaran dan penyusunan RPP 1 lembar. Workshop diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dilaksanakan selama dua hari (26 dan 27 Agustus 2020). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan profesionalitas dan kemampuan pendidik memanfaatkan tehnologi dalam pembuatan media pembelajaran terutama pada masa new normal sekarang ini dimana pembelajaran dilaksanakan dengan online. Pendidik di tuntut mampu merancang dan mendesain pembelajaran online melalui presentasi dengan video, slide presentasi, buku teks, dengan memanfaatkan perangkat atau media yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan.

Workshop tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena dilaksanakan pada masa pola hidup new normal, peserta harus memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kegiatan workshop di buka oleh Pengawas Madrasah, Dra. Djamilatus Sa’dijah, dengan kegiatan workshop diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan pendidik, sehingga tercipta kreatifitas pendidik dalam menyampaikan pembelajaran, guru kreatif dan inovatif sehingga membuat siswa tidak bosan dan tetap produktif walaupun belajar dari rumah.

Hari pertama workshop tentang pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi Bandicam dan filbookmaker, yang di pandu oleh  Supriono, M.Kom dari LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Bandicam merupakan salah satu program computer yang bisa di pakai untuk menangkap/merekam tampak layar desktop secara offline. 

Program Bandicam dinilai cocok untuk mempermudah guru dalam mempresentasikan materi pelajaran kepada siswa, dengan bandicam guru bisa merekam tampilan layar, rekaman audio (suara) dan video. Materinya dapat berupa slide presentasi, dokumen, gambar atau tutorial praktek.  Setelah penyampaian materi tentang Bandicam, kegiatan dilanjutkan dengan proses instal aplikasi dan dilanjutkan dengan mencoba aplikasi dari power point yang telah disiapkan oleh guru. Hasil  kegiatan workshop dilanjutkan dengan membuat video di rumah dan hasil tagihan video disetorkan di google clasaroom.

Workshop hari kedua materi tentang penyusunan RPP satu lembar dengan pemateri Hj. Sutiah, M.Pd dari LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim. Penyusunan RPP merupakan aktifitas rutin yang dilakukan guru sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Tujuan penyusunan RPP adalah untuk mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar selain itu dengan menyusun RPP secara profesional, sistematis, dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis dan memprediksi program pembelajaran.

Arahan dari Mendikbud Nadiem Makarim yang tertulis dalam surat edaran Mendikbud No. 14 th 2019 tentang penyederhanaan RPP. Penyederhanaan RPP dengan tujuan untuk meringankan beban administrasi guru, selama ini guru diarahkan untuk membuat RPP secara rinci sehingga banyak waktu tersita, yang seharusnya digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, keterkaitan dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Edaran Mendikbud No 14 th 2019 juga dijelaskan RPP cukup satu lembar dengan komponen inti tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen atau penilaian. Walaupun RPP satu lembar RPP harus tetap berkualitas dan model pembelajaran harus kreatif serta mengacu pada silabus. RPP adalah rencana kegiatan tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

Setelah penyampaian materi kegiatan dilanjutkan dengan praktik membuat RPP satu lembar dan hasilnya di setorkan di google classroom yang telah di sediakan oleh waka Kurikulum MTs Negeri Batu.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment


Follow US

    Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Kepala Madrasah

Kepala Madrasah
BUASIM, S.Pd., M.Pd.
Baca Sambutan